Tekuk Swiss 2-0, Spanyol Juara


Getty Images
Aarhus - Spanyol kampiun Eropa. Di partai final, skuad berjuluk La Rojita itu sukses mengalahkan Swiss dengan skor 2-0 di partai final untuk merengkuh gelar juara.

Bertanding di Aarhus Stadium, Minggu (26/6/2011) dinihari WIB, kedua tim mengawali laga dengan cukup lambat.

Peluang pertama diperoleh Swiss dari Xherdan Shaqiri di menit 28. Dengan berbalik badan, Shaqiri melakukan tendangan voli dari batas kotak penalti tetapi David De Gea berhasil menghalaunya.

Spanyol merespon balik tujuh menit kemudian. Usai menerima operan Juan Mata, Thiago Alcantara melepas sepakan keras dari jarak cukup jauh yang tipis saja melebar dari gawang yang dijaga Yann Sommers.

Spanyol berhasil unggul menit 41. Didac mengirim umpan silang ke tengah kotak dan Herrera Aguera menyambut bola dengan tandukan yang sukses menaklukkan Sommer. Skor tak berubah hingga babak pertama ditutup.

Swiss kembali memperoleh peluang di menit 53. Lewat kerjasamanya dengan Innocent Imeghara tetapi sontekan Admir Mehmedi tepat mengarah kepada De Gea. Tujuh menit kemudian, Spanyol membalas lewat Iker Muniain namun belum dapat menyulitkan Sommer.

Spanyol membuang sebuah peluang emas. Mata mengirim umpan silang yang diteruskan dengan sundulan dari Alberto Botia yang berada di depan mulut gawang. Sayang bola malah melambung.

Di menit 79, Swiss hampir dapat menyamakan kedudukan. Diawali dari situasi set-piece, Shaqiri mengeksekusi bola dan disambut oleh Timm Klose. Bola menyamping.

Empat menit berselang, Spanyol berhasil memaksa Sommer memungut bola dari gawang sendiri untuk kali kedua. Thiago sukses menjaringkan bola lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Hingga lima menit tambahan waktu yang diberikan, Swiss tidak mampu melahirkan gol dan Spanyol berhak menjadi juara untuk yang ketiga kalinya. Dua gelar Spanyol sebelumnya diraih pada 1986 dan 1998.


Susunan Pemain:

Spanyol: De Gea, Montoya, Botia, Dominguez, Didac, Javi Martinez, Mata, Thiago, Herrera (Diego Capel 88'), Muniain (Parejo 86'), Adrian (Jeffren 82')

Swiss: Sommer, Koch, Klose, Rossini, Berardi, Shaqiri, Xhaka (Kasami 67'), Lustenberger, Frei, Emeghara, Mehmedi

0 Response to "Tekuk Swiss 2-0, Spanyol Juara"

Posting Komentar

Powered by Blogger